SENSUS EKONOMI 2016, BENCHMAKING PEMBANGUNAN INDONESIA - News - BPS-Statistics Indonesia Yahukimo Regency

WELCOME TO THE BPS STATISTICS OF YAHUKIMO REGENCY OFFICIAL WEBSITE

SENSUS EKONOMI 2016, BENCHMAKING PEMBANGUNAN INDONESIA

SENSUS EKONOMI 2016, BENCHMAKING PEMBANGUNAN INDONESIA

May 1, 2016 | BPS Activities


Mengapa Sensus Ekonomi Harus Dilakukan?

Setiap keputusan harus diambil berdasarkan informasi yang valid dan akurat. Sensus Ekonomi dilaksanakan untuk mendapatkan informasi potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupu n regional.

Pendataan seluruh sektor usaha secara menyeluruh (selain sektor pertanian) akan mempu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi non-pertanian, berikut informasi dasar dan karakteristiknya. Selain itu, juga akan diketahui daya saing bisnis di Indonesia, serta penyedian kebutuhan informasi usaha.

 

Apa yang diperoleh dari pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016?

·         Pemetaan potensi (level) ekonomi menurut wilayah, jenis dan pelaku usaha;

·         Benchmarking PDB/PDRB, ketenagakerjaan, dan lain-lain;

·         Tersedianya sampling frame untuk berbagai kegaitan survei di bidang ekonomi (survei Harga, Survei Produksi , Survei Distribusi, Survei Jasa, Survei khusus/adhoc, dsb);

·         Terbangunnya basis data dan benchmark Updating Integrated Business Register(IBR);

·         Karakteristik usaha menurut skala usaha;

·         Karakteristik usaha (unik): franchise, e-commerce/on-line business, multilevel marketing, dan lain-lain;

·         Pemetaan daya saing bisnis menurut wilayah; dan

·         Tinjauan prospek bisnis dan perencanaan invetasi di Indonesia.


Cakupan/Sasaran:

·         Seluruh usaha/perusahaan yang bertempat

Ø  Di kantor tetap/permanen: mall,perkantoran, hotel, rstoran, bank, pabrik

Ø  Di lokasi ridak tetap: kaki lima, pasar kaget

Ø  Usaha keliling

·         Mencakup pelaku usaha

Ø  Pemerintah: sekolah, rumah sakit, panti sosial

Ø  Lembaga non profit: tempat ibadah, organisasi sosial, organisasi masyarakat

Ø  Di rumah tangga: warung, pulsa telepon

Ø  Rumah tangga: usaha online, sektor non formal

Ø  Korporasi/perusahaan: restoran, supermarket, hotel, pabrik, bank

Usaha apa saja yang akan didata?

·         Pertambangan dan penggalian

·         Industri Pengolahan

·         Pengadaan Listrik, Gas, Uap/Air Panas dan Udara Dingin

·         Pengadaaan Air, pengelolaan sampah dan daur ulang, pembuangan dan pembersihan limbah dan sampah

·         Konstruksi

·         Perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil motor dan sepeda motor

·         Transportasi dan Pergudangan

·         Penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum

·         Informasi dan Komunikasi

·         Jasa Keuangan dan Asuransi

·         Real Estat

·         Jasa Profesional, Ilmiah, dan Teknis

·         Jasa persewaan, ketenagakerjaan, agen perjalanan dan penunjang usaha lainnya

·         Jasa Pendidikan

·         Jasa kesehatan dan kegiatan sosial

·         Kebudayaan, hiburan dan rekreasi

·         Kegiatan Jasa Lainnya

·         Jasa perorangan yang melayani rumah tangga

·         Kegiatan badan dan organisasi internasional


Manfaat Sensus Ekonomi

·         Pelaku Usaha: Mengetahui posisi, peluang serta daya saing

·         Pemerintah: Sebagai landasan perencanaan, pengambilan  kebijakan serta evaluasi kebijakan

·         Peneliti/Akademisi: Sebagai bahan penelitian ilmiah dan pengamatan bidang ekonomi

·         Masyarakat: Menerima manfaat dari kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Yahukimo

(BPS-Statistics of Yahukimo Regency)

Jl. Yahuli Sumohai Dekai Yahukimo Papua Pegunungan Indonesia

Mailbox : ipds9416@bps.go.id

bps9416@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia